74HssqAmpAieSQYdpeY0UHJ3eJx0ro2Bjc2BCzNj
Bookmark

SDN 1 Karangklesem dan SDN2 Karangpucung Juara Pesta Siaga

SDN 1 Karangklesem dan
SDN2 Karangpucung Juara Pesta Siaga


Purwokerto - Barung merah putra SDN 1 Karangklesem dan barung kuning putri SDN2 Karangpucung menjadi juara Pesta Siaga yang digelar oleh Gerakan Pramuka Kwartir Ranting (Kwarran) Purwokerto Selatan di Taman Rekreasi Andang Pangrenan Purwokerto, Senin (18/11/2019). Pesta siaga diikuti 600 pramuka siaga yang terbagi dalam 30 barung putra dan 30 barung putri. Mereka adalah pelajar SD dan MI dari seluruh sekolah yang ada di Kecamatan Purwokerto Selatan.

Ketua Kwarran Drs Djaswito mengatakan kegiatan ini diikuti sebanyak 600 pramuka siaga, mereka harus bermain di 9 pos taman bermain antara lain taman Ketaqwaan, pengetahuan kepramukaan, penglihatan dan ingatan, tali dan ikatan serta kompas, kereta bola basket, pentas budaya, PBB dan bumbung kemanusiaan.

“Kegiatan ini dilaksanakan dalam satu hari, dibuka oleh Camat Purwokerto Selatan Alex Manurung, selaku Ketua Majelis Pembimbing Ranting Purwokerto Selatan,” katanya.

Hadir dalam pembukaan, antara lain Korwilcam Purwokerto Selatan, Forkopimca Purwokerto Selatan dan Pengurus Kwarran Purwokerto Selatan.

Djaswito berharap kegiatan tersebut dipergunakan sebagai sarana mengasah kemampuan, keterampilan dan kerjasama dalam kepramukaan. Selain akan menerima penghargaan peserta juga akan menjadi wakil Kwarran Purwokerto Selatan dalam lomba yang sama di Tingkat Kwarcab Banyumas.

Pada kegiatan pesta siaga sikap kejujuran menjadi prioritas untuk menanamkan nilai budi pekerti kepada anak. Panitia menekankan kejujuran dan transparan dalam penilaian, dan membuat anak riang serta gembira.

"Saya berharap kegiatan tersebut dipergunakan sebagai sarana mengasah kemampuan, keterampilan dan kerjasama dalam kepramukaan, sebagai bentuk pelatihan pendidikan karakter peserta " terangnya

Pemimpin Barung Hijau dari pangkalan SD Negeri 3 Karangpucung Salwa Rahmadani mengaku senang bisa mengikuti pesta siaga. Selain bisa bertemu dengan teman temannya bisa menambah pengetahuan.

"Asik bisa bertemu dengan teman teman dan menambah pengetahuan dan pengalaman," kata Salwa

Dari hasil penilian dewan juri, Barung Tergiat I Putra diraih SDN 1 Karangklesem, tergiat II SDN 2 Karangpucung, tergiat III SDN 1 Purwokerto Kidul. Tergiat IV (Harapan 1) SDN 5 Teluk, Tergiat V (Harapan 2) SDN 4 Karangpucung dan tergiat VI (Harapan 3) SDN 1 Karangpucung

Sedangkan Barung Tergiat I Putri diraih SDN 2 Karangpucung, tergiat II SDN 2 Berkoh, tergiat III SDN 3 Karangpucung. Tergiat IV (Harapan 1) SDN 1 Tanjung, tergiat V (Harapan 2) SDN 3 Purwokerto Kulon dan Tergiat VI (Harapan 3) SDN 3 Tanjung.

Penyerahan piala dilaksanakan dalam upacara penutupan di Lapangan Taman rekreasi Andang Pangrenan Purwokerto.(*)

parsito.
Posting Komentar

Posting Komentar

close
close