74HssqAmpAieSQYdpeY0UHJ3eJx0ro2Bjc2BCzNj
Bookmark
"/>

Keluarga Alumni FH Unsoed Calonkan Sekjen MPR Jadi Ketum KaUnsoed


PURWOKERTO - Keluarga Alumni Fakultas Hukum Unsoed (KAFH Unsoed) secara aklamasi mencalonkan Sekjen MPR RI, DR. Ma'ruf Cahyono, SH., MH, (Angkatan 1986 FH Unsoed) untuk maju sebagai Calon Ketua Umum Keluarga Alumni Unsoed (Kaunsoed) pada Munas III Kaunsoed (21/9) mendatang. 

Demikian hasil musyawarah mufakat yang dihadiri Pengurus Pusat Keluarga Alumni Unsoed, alumni FH angkatan 1987 (Andrijani Sulistiowati), Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni FH Unsoed, Dr. Kartono, S.H., M.H.; Prof. Dr. Muhammad Fauzan, SH, M.Hum; Pengurus KAFH Unsoed (Ketua Suwardi SH, dkk), serta Perwakilan Alumni dari berbagai angkatan dan Alumni FH dari berbagai wilayah se-Indonesia, di Ruang Vicon, Gedung Justisia 3, FH Unsoed, Purwokerto (7/9) yang lalu. 

Yang menarik dari pertemuan tersebut adalah proses pengambilan keputusan dalam musyawarah mufakat yang menghasilkan suara aklamasi. "Pemilihan secara aklamasi ini bagian dari upaya mempersatukan civitas akademika, sehingga berlangsung tertib dan lancar, semua pihak satu suara mendukung Ma'ruf Cahyono," kata Ketua KAFH Unsoed, Suwardi, SH., MH.

Suwardi, S.H., M.H. mendukung penuh pencalonan saudara Dr. Ma'ruf Cahyono, S.H., M.H. sebagai Ketua Umum Keluarga Alumni Universitas Jenderal Soedirman. "Dasar dukungan kami adalah prestasi kerja, latar belakang akademis dan jabatan beliau yang memungkinkan untuk melakukan negosiasi dan lobbying tingkat nasional kepada pihak ketiga untuk kepentingan Universitas Jenderal Soedirman,"katanya.

Selanjutnya, Suwardi akan segera mendaftarkan pencalonan tersebut ke Panitia Munas III KAUnsoed. Pihaknya langsung melakukan komunikasi, konsolidasi dan koordinasi dengan semua elemen di internal maupun, Pengurus KAFH Unsoed, Pengurus Alumni di berbagai angkatan dan daerah serta melakukan audiensi dengan Alumni di Dekanat FH Unsoed dan Rektorat Unsoed.

Sementara dukungan terhadap Ma'ruf Cahyono datang dari berbagai pihak. Diantaranya Prof. Drs. Rubiyanto Misman, mantan Rektor Unsoed (1997-2005), Dr. Yusuf (alumni FH Unsoed) di Kementerian Pemuda dan Olahraga, Rektor Universitas Siliwangi Prof Dr Rudi Priyadi (Alumni Angkatan 1977 Fakultas Pertanian Unsoed), semua Alumni Kaunsoed Priangan Timur, serta Anggota DPD RI Periode 2019-2024 yang juga Alumni Angkatan 1988 FH Unsoed, Dr. Abdul Kholik, SH., M.Si.

Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan, Prof. Dr. Hibnu Nugroho, SH., M.Hum memberikan apresiasi. "Bagus sekali, karena alumni mempunyai peran yang strategis dalam ikut serta memberikan gagasan pemikiran. Apalagi beliau (Ma'ruf Cahyono) mempunyai jaringan yang luas dan kuat, sehingga dapat menyatukan alumni dari berbagai profesi yang ada," katanya.

Dekan FH Unsoed, Prof. Dr. Ade Maman Suherman, S.H., M.Sc. juga memberikan dukungan. "Alumni sangat berperan untuk mengangkat branding dan reputasi almamater. Sebagai solusinya adalah memilih Ketua Umum Alumni yang menduduki jabatan publik dalam skala nasional. Dr. Ma'ruf Cahyono, S.H., M.H. sebagai Sekjen MPR RI adalah figur yang tepat. NKRI saja mengamanati sebagai Sekjen MPR, maka, Kampus Unsoed tidak ada alasan untuk memilih figur lain," katanya.

Saat dihubungi Satelitpost melalui selukernya, Ma'ruf Cahyono mengucapkan terima kasih atas dukungan tersebut. "Saya mengapresiasi dukungan dari semua alumni dari berbagai wilayah. Saya akan memberikan yang terbaik untuk para alumni dan kampus tercinta Unsoed," kata Ma'ruf Cahyono.(adv/cro).


Profil Ma'ruf Cahyono

Nama: Dr. Ma'ruf Cahyono, SH., MH
Tmpt/Tgl Lahir : Banyumas, 29 April 1967
Agama: Islam
Status: Menikah: 1 Istri, 4 Puteri
Alamat: Jl. Widya Chandra III No. 17E Jakarta Pusat
Pendidikan: S1 FH Unsoed Purwokerto, Jawa Tengah
                  S2 Sekolah Tinggi Ilmu Hukum IBLAM, Jakarta
                  S3 Universitas Jaya Baya, Jakarta


A. Penghargaan:

1.Tahun 2019 : BEST BUREAUCRATS AWARD, OBSESSION MEDIA GROUP
2.Tahun 2018 : SALAH SATU DARI 73 TOKOH BERPRESTASI DI INDONESIA
3.Tahun 2017 : SATYALANCANA WIRA KARYA, PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA
4.Tahun 2015 : SATYALANCANA KARYA SATYA 20 TAHUN, PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA


B. Riwayat Pekerjaan Struktural:

 
1.2007-2014: Kepala Pusat Pengkajian Sekjen MPR RI
2.2014-2016: Kepala Biro Hubungan Masyarakat Sekjen MPR RI
3.2016-sekarang: Sekjen MPR RI
4.2017-2018: Sekjen DPD RI


C. Riwayat Pekerjaan Teknis :


1.2006-Sekarang: Dosen Fakultas Hukum Universitas Satya Gama Jakarta
2.2018-Sekarang: Dosen Magister Hukum Universitas Pancasila, Jakarta
3.2018: - Pendiri The Cahyono Institute
                - Sekjen Yayasan Empat Pilar
                - Dewan Pakar Pusat Studi Pancasila Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

sumber: kompasiana.com





Posting Komentar

Posting Komentar

close
close