Budaya Ngapak dan Cablaka Masuk UHB -->

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

Budaya Ngapak dan Cablaka Masuk UHB

Redaksi
Bupati Kenalkan Budaya Banyumas kepada Mahasiswa Universitas Harapan Bangsa



CTV.co.id - Universitas Harapan Bangsa (UHB) Purwokerto menggelar acara Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Rabu (25/9) di Aula Kampus Setempat.
Acara dihadiri oleh 500 mahasiswa baru. 

Pada kesempatan ini Bupati Banyumas, Ir. Achmad Husein hadir untuk memberikan kuliah umum tentang kebudayaan lokal khususnya budaya Banyumas. Bupati Achmad Husein menyampaikan asal usul Kabupaten Banyumas, tari tradisional, pakaian adat, alat musik tradisional, hingga Bahasa Ngapak khas Banyumas, serta cablaka. 

“Salah satu budaya Banyumas yang terkenal adalah Bahasa Ngapak dan cablaka. Banyumas juga terkenal dengan dagelan atau guyonan. Buktinya, banyak pelawak terkenal yang berasal dari Banyumas,” ucap Husein

Untuk menarik perhatian peserta Bupati memberikan kuis. Pada kesempatan ini Bupati berharap agar mahasiswa dan anak muda bisa melestarikan Budaya Banyumas di tengah jaman yang modern.

"Hal ini harus terus kita lakukan, agar budaya Banyumas tetap lestari dan tidak punah," tegas Bupati.

Menurut Ketua PKKMB Indra Sukma Subagyo, pengenalan Budaya Banyumas bagi mahasiswa baru merupakan salah satu acara yang dibentuk oleh Universitas Harapan Bangsa untuk mendidik mahasiswa sesuai dengan tema yang diangkat, yakni membangun karakter muda yang mandiri dan berbudaya.

“Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru ini mengangkat tema Karakter Muda yang Mandiri dan berbudaya, tujuannya antara lain supaya mahasiswa baru bisa menjadi mandiri secara personal karena iklim dan budaya yang berbeda dari tempat asal,” kata Indra.

Michael Yomas Setiabudhi