CTV Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Rembugan Bareng Bocah Banyumas "Suarakan Hak Anak pada Pemerintah"

Rembugan Bareng Bocah Banyumas "Suarakan Hak Anak pada Pemerintah"

Purwokerto -Forum Anak Banyumas menggelar kegiatan “Rembugan Bareng Bocah Banyumas” Rabu (10/4/2019) di Graha Satria Komplek Pendopo Sipanji Purwokerto. Kegiatan dihadiri oleh forum anak dari kecamatan dan desa juga perwakilan sekolah juga anak disabilitas yang diwakili oleh anak-anak dari SMP Permata Hati Purwokerto. Pada acara pembukaan juga dihadiri oleh Wakil Ketua DPRD Supangkat, SH MH dan perwakilan dari dinas terkait.


Ketua Forum Anak Banyumas Mohammad Meizar Brahmantyo mengatakan kegiatan digelar sebagai salah satu bentuk upaya forum anak untuk mengakomodir suara anak Banyumas satu fungsi forum anak adalah ikut menjaring aspirasi anak agar masuk dalam perencanaan pembangunan. Setiap perwakilan anak yang hadir diberi kesempatan untuk mengusulkan bentuk pembangunan yang akan dilakukan Pemerintah Banyumas untuk pemenuhan hak anak untuk mewujudkan Kabupaten yang Layak Anak. 


“Suara anak Banyumas ini akan dibacakan dan diajukan kepada Bupati Banyumas pada hari anak nasional tingkat Kabupaten tanggal 23 Juli, dan juga akan dibawa ke Hari Anak Tingkat Nasional di Makasar,” katanya 


Meizar menjelaskan garis besar usulan yang ditampung antara lain usulan pembangunan fasilitas umum seperti taman-taman yang layak anak, transportasi yang layak anak dan juga pendidikan yang merata sampai tingkat desa.


Sementara itu Kepala Bidang Perlindungan Anak pada Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBP3A) Kabupaten Banyumas Drs Eko Budianto mengatakan “Rembugan Bocah Banyumas” sebagai upaya mengusulkan program kerja kepada pemerintah. sebagai salah satu cara untuk bisa mengoptimalkan kinerja Forum Anak Banyumas dalam pembangunan.


“Menyuarakan kepentingan terbaik bagi anak memang perlu dilakukan, untuk mewujudkan Pemenuhan Hak Anak yang selama ini masih di nomor sekiankan,” katanya


Eko menambahkan banyak dinas yang terkait dengan pemenuhan hak anak, selain dinasnya DPPKBP3A, juga ada dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan termasuk Kecamatan dan Pemerintah Desa.


“Kedepan dinas dinas tersebut untuk bersama sama memprioritaskan pembangunan yang mewujudkan pemenuhan hak anak,” tambahnya


Menurut Eko Kabupaten Banyumas secara administrasi sudah memenuhi Kabupaten Layak Anak, namun tetap terus diupayakan agar tidak sekedar angka administrasi tetapi juga gerakan dan aksi sebagai kabupaten layak anak tersebut.


parsito 

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a comment