Srunita Di harapkan Ikut Lagi Seleksi Asian Games 2018 -->

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

Srunita Di harapkan Ikut Lagi Seleksi Asian Games 2018

Redaksi
Selasa, 13 Maret 2018

Jakarta - Kendati sempat mundur dari Pelat­nas, peraih medali emas SEA Games 2017 Kuala Lumpur, Srunita Sari Su­katendel dan tiga karateka lainnya diha­rapkan dapat mengikuti seleksi tahap II Juni mendatang un­tuk pembentukan tim karate Asian Games 2018.

“Empat karateka yang sempat mun­dur dari Pelatnas akan kita panggil lagi untuk mengikuti seleksi tahap dua, sebelum pendaftaran (entry by name) Asian Games 2018 Juni nanti,” ujar Sekjen PB FORKI Lumban Sianipar saat pembukaan seleksi tahap pertama Pelatnas Ka­rate di kawasan Puncak, Ciloto, Jawa Barat, Sabtu (10/3).

Keempat karateka yang me­ngun­durkan diri itu ialah Sisilia Ora (kata perorangan), Srunita Sari Sukatendel (kumite -50 kg), Cok Istri Agung Sa­nistyarani (kumite -55 kg), dan Ahmad Zigi Zaresta Yuda (kata perorangan putra). Kemunduran mereka dengan alasan tidak sesuai dengan prog­ram PB FORKI.

Menurut Lumban, dalam selek­si pembentukan tim inti Asian Games 2018, PB FORKI menerap­kan cara ber­beda dengan seleksi kejuaraan na­sional. Artinya, seleksi tersebut bukan mencari juara, tapi yang terbaik dari yang terbaik.

Untuk itu PB FORKI menda­tangkan tiga wasit Federasi Karate Dunia (WKF) untuk membantu memimpin se­leksi, yakni Ibrahim Aldiqs asal Jor­dania, RJ Alexander (Srilangka), dan Pahphonnut Veerapipat (Thailand).

Kepala Pelatih PB FORKI Syam­sud­din menambahkan, se­lek­si tahap pertama yang diikuti 28 karateka (15 putra dan 13 putri) akan dikurangi se­ba­gian. Pada seleksi tahap dua baru akan dibentuk tim inti untuk mengisi de­lapan nomor pertandingan pada Asian Games 2018. Hanya delapan no­mer yang dapat diikuti karena dalam ajang multievent empat tahunan itu, setiap negara hanya boleh tampil di delapan kelas dari 12 kelas yang di­pertandingkan di cabang karate.

Karateka asal Sumut yang bersaing di Pelatnas, di nomer kumite putera, kelas -55 Kg Iwan Bidu Sirait bersaing de­ngan M Tegar Januar (Jabar) dan Wahyu Mukti Wijaya (Jateng). Kara­teka senior Su­mut, Jintar Simanjuntak ber­saing di kelas-67 kg putra dengan Maruli Butar-Butar (Jabar). Karateka Sumut lainnya M Raihand bersaing dengan I Made Budi Kertiyasa (Bali) di kelas+84 kg.

Di nomor kumite putri, Dwi Fad­hilah (Sumut) bersaing di nomor ku­mite-50 kg dengan Risca Anisa (Jabar). Sedangkan karateka Sumut Nova Sinaga bersaing dengan Jihan Fitrian (Jabar) di kelas 55 kg putri.

Karateka Sumut Tri Winarni bersaing di kelas-61 kg putri dengan Intan Nurjannah (Jabar). Dan Dessynta Rakawuni Banurea (Su­mut) serta Indri Ramadhanti (Lam­pung) akan bersaing di kelas+68 kg putri. (gun)

sumbet:harian analisa