CTV Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Cara Usir Lalat Di Rumah

Cara Usir Lalat Di Rumah

Banyumas-Kesal, kan, jika saat Anda mengadakan playdate atau kumpul dengan teman di rumah tapi banyak lalat yang seliweran. Meski Anda sudah menutup jendela, namun tetap saja mereka datang, seakan memang Anda undang untuk bertandang.

Membersihkan rumah dengan karbol memang bisa dijadikan pilihan, masalahnya aroma karbol bisa membuat Anda dan tamu Anda menjadi mual. Untuk mengurangi banyaknya lalat di dalam rumah, coba lakukan trik yang dihimpun dari Rumah.com ini.

Siapkan lilin dan sabun

Anda pasti pernah melihat lilin yang dibiarkan mengapung atau berada di tengah semangkuk sabun cair. Lakukan cara yang sama di rumah Anda.

Siapkan mangkuk kecil yang sudah diisi cairan sabun lalu letakkan lilin di tengahnya dan nyalakan apinya. Lalat akan tertarik dengan nyala lilin dan saat ia mendekati lilin, tubuhnya akan menempel di sabun.

Siapkan semprotan herbal

Kosongkan botol pembersih yang menggunakan spray, lalu isi dengan air yang sudah dicampur dengan 5 sendok makan cuka dan 3 sendok makan air perasan jeruk nipis.

Semprotkan campuran cairan tersebut ke seluruh sudut rumah layaknya Anda menyemprotkan pengharum ruangan. Lalat biasanya tidak menyukai aroma asam.

Rebus serai

Siapkan beberapa helai serai lalu rebus hingga air rebusannya mendidih. Aroma uap serai akan membuat ruangan menjadi lebih harum sehingga lalat enggan masuk ke dalam rumah Anda.

Manfaat lainnya, sisa air rebusan serai juga berdampak positif jika digunakan sebagai air mandi. Selain mengharumkan tubuh Anda, air rebusan serai juga mengurangi ketegangan otot dan membuat tubuh lebih rileks.

Gunakan daun pandan

Ambil beberapa helai daun pandan, lalu cacah dengan menggunakan pisau. Tuang hasil cacahan daun pandan di mangkuk atua piring kecil dan tempatkan di bagian ruangan yang sering dihinggapi lalat. Aroma harumnya pandan akan mengurangi kedatangan lalat.

Hilangkan aroma amis

Lalat cenderung menyukai aroma amis seperti aroma yang Anda hasilkan saat memasak seafood.

Untuk mengurangi aroma amisnya, masukkan satu sendok teh peanut butter ke dalam minyak yang akan Anda gunakan untuk menggoreng ikan atau udang. Selai kacang akan mengurangi bau amis tanpa banyak mengubah rasanya.

Rendam cengkeh

Sisa cengkeh yang biasanya Anda gunakan untuk menghias nastar saat Lebaran lalu sebaiknya tidak dibuang. Rendam cengkeh ke dalam air hingga 24 jam, lalu letakkan rendaman airnya di sudut rumah.

Sama halnya dengan aroma serai, lalat tidak menyukai aroma cengkeh karena tercium tajam baginya.

Foto: Pixabay

Sumber :liputan6.com

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a comment