CTV Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Pemerintah Indonesia Cari Bantuan Negara lain Atasi Bencana Asap

Pemerintah Indonesia Cari Bantuan Negara lain Atasi Bencana Asap

Jakarta-Indonesia pada Kamis meminta beberapa negara termasuk China, Singapura, Rusia, dan Jepang untuk membantu untuk memadamkan api yang telah mengirim tersedak asap melayang di seluruh wilayah selama berminggu-minggu.

Indonesia telah berulang kali menolak tawaran bantuan dari luar untuk mengatasi asap, yang sebagian besar disebabkan oleh perusahaan yang menggunakan api untuk membersihkan lahan untuk perkebunan kelapa sawit dan pulp di pulau Sumatera dan bagiannya dari pulau Borneo.

"Kami telah meminta bantuan," kata Presiden Joko Widodo dalam sebuah pernyataan, menambahkan bahwa Indonesia berharap untuk setidaknya tiga pesawat dari Singapura dan Rusia untuk membantu memadamkan kebakaran yang sering membara.

"Yang kami butuhkan sekarang adalah pesawat yang dapat membawa 12-15 ton air, tidak seperti 2-3 ton yang kita miliki sekarang," kata Widodo.

"Kami berharap ini akan mempercepat proses karena kebakaran di lahan gambut berbeda dari kebakaran hutan biasa."

Indonesia juga melakukan pembicaraan dengan Australia dan Malaysia tentang bagaimana mereka dapat membantu, kata juru bicara kementerian luar negeri Armanatha Nasir.

"Kami telah menggunakan semua sumber daya kami, tapi apa yang kita lihat adalah kemajuan kita tidak cukup cepat," kata Nasir Reuters, menambahkan bahwa Indonesia tengah menjajaki apa peran negara bisa bermain dan peralatan apa yang mereka bisa menyediakan.

Mereka bertujuan untuk menyelesaikan rincian "sesegera mungkin", katanya.

Pejabat Indonesia tidak merinci mengapa pemerintah sekarang telah memutuskan untuk mencari bantuan asing. Ini telah menghadapi kritik untuk menolak tawaran dari Singapura.

Asap telah mendorong polusi ke tingkat berbahaya di seluruh wilayah Indonesia, Malaysia, Singapura dan Thailand selatan, penerbangan terganggu dan menutup sekolah-sekolah pada hari-hari yang buruk.

Operator wisata yang resah dan otoritas kesehatan di seluruh wilayah telah memperingatkan orang-orang untuk menghindari olahraga ketika asap berat.

Indonesia secara rutin sikat dari keluhan sementara bersumpah untuk bertindak untuk menghentikan pembakaran. Tapi tahun demi tahun, flare masalah di musim kemarau.

Ini telah diperburuk tahun ini oleh fenomena cuaca El Nino yang telah membawa kondisi biasa kering.

Badan Penanggulangan Bencana nasional Indonesia mengatakan pekan lalu itu berharap untuk hujan untuk membantu memadamkan kebakaran pada awal bulan November, ketika musim timur laut biasanya dimulai.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi diharapkan dapat memenuhi rekannya dari Malaysia itu pada hari Jumat untuk membahas masalah tersebut.

Menteri Luar Negeri Singapura, Vivian Balakrishnan, mengatakan pada halaman Facebook-nya negara-kota telah menawarkan personil, pesawat terbang, dan pencitraan satelit.(ck:sumber reuter)



Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a comment