74HssqAmpAieSQYdpeY0UHJ3eJx0ro2Bjc2BCzNj
Bookmark

Selamat Hari Pendidikan Nasional 2 Mei 2024

Bupati Banyumas Kukuhkan Tujuh Satuan Karya Pramuka


CTVINDONESIA, BANYUMAS
- upati Banyumas Ir Achmad Husein selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Gerakan Pramuka Banyumas melantik pengurus tujuh Majelis Pembimbing Satuan Karya (Mabisaka) dan Pimpinan Satuan Karya Pramuka (Pinsaka)  Tingkat Cabang Banyumas masa bakti 2022 - 2027, di Pendopo Sipanji Purwokerto, Kamis (25/8/2022). 


Satuan karya yang dilantik kali ini ada Saka Milenial dibawah binaan Dinas Kominfo, Saka Bahari dibawah binaan Dinas Perhubungan, Saka Taruna Bumi dibawah binaan Dinas Perikanan dan Peternakan, Saka Pustaka dibawah binaan Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah, Saka Kalpataru binaan Dinas Lingkungan Hidup, Saka Pariwisata dibawah binaan Dinas Pemuda Kebudayaan dan Pariwisata dan Saka Widya Budaya Bakti dibawah binaan Dinas Pendidikan.


Ketua Kwarcab Banyumas Agus Nur Hadie mengatakan dengan dilantiknya 7 pengurus Saka ini, Kwarcab Banyumas memiliki 17 Saka. 


Selain satuan karya yang baru dilantik sudah ada Saka Bhayangkara, Saka Wirakartika, Saka Wanabakti, Saka Bakti Husada, Saka Kencana, Saka Dirgantara, Saka BPOM, Saka Anti Narkotika, Saka Bina Sosial dan Saka Adhyasta


"Bisa jadi kita Kwarcab yang memiliki Saka Terbanyak, namun tujuan utamanya bukan banyak banyaknya namun memberikan kesempatan kepada Pramuka Penegak dan Pandega untuk mempelajari kecakapan khusus. 


Misalnya yang berminat terhadap teknologi informasi bisa masuk Saka Milenial yang mempunyai hobi membaca dan literasi bisa masuk Saka Pustaka," kata Agus.


Agus menambahkan bahwa selain menambah kecakapan khusus setelah mendapatkan kecakapan umum di Sekolah atau Ambalan, kecakapan khusus juga menjadi salah satu syarat menjadi Pramuka Garuda.


Bupati Banyumas Achmad Husein mengucapkan selamat mengemban amanah dan terimakasih atas kesediaan para Kepala OPD dan pejabat, menjadi Pengurus Majelis Pembimbing dan Pimpinan Saka. 


Husein menitipkan generasi muda Banyumas untuk aktif dan berperan dalam kegiatan kepramukaan di Banyumas.


"Dengan aktif di Pramuka, saya sangat yakin anak anak muda menjadi generasi yang baik dan terhindar dari kenakalan," katanya.


Husein juga berpesan agar para kepala OPD bersungguh sungguh mendidik anak anak, karena itu bisa menjadi ibadah.***

Posting Komentar

Posting Komentar

close
close