74HssqAmpAieSQYdpeY0UHJ3eJx0ro2Bjc2BCzNj
Bookmark

13 Mitos yang Dipercaya Masih Berlaku Hingga Kini

Foto : Freepik.com

CTVINDONESIA, GAYA HIDUP
- 13 Mitos Jawa kuno yang hingga saat ii masih sangat dipercaya bagi bagi masyarakat. Apalagi yanng hidup di pedesaan. 


Dikutp CTV dari @viralbanget pada Jumat 1 Juni 2022, disebutkan salah satunya adalah ketiban Cecak di kepala. Nah berikut penjelasannya, dan ada juga 13 Mitos lain yang masih dipercaya masyarakat modern.


1. Kejatuhan Cicak, masyarakat Jawa kuno mempercayai yang ketiban Cecak akan mengalami kesialan dikemudian hari.


2. Mengantongi Batu kerikil, saat kebelet buang air besar masyaakat masih mempecayai mengantongi kerikil agar bisa menahannya, terlebih saat dalam perjalanan jauh.


3. Dilarang memakan makan pisang dempet, menurut kepercayaan masyarakat di jawa kalau kamu makan pisang dempet bila sudah menijkah dan punya anak akan punya anak kembar siam.


4. Membuka payung dimalam hari juga menjadi pantangan, karena diyakini juga akan mendapatkan kejadian yang kurang baik.


5. Jangan menyisakan makanan saat selesai makan, karena mitosnya ketika membuang ketempat sampah nasi tersebut akan menangis, dan pastinya orang tua akan marah buang buang nasi.


6. Ibu hamil membawa gunting kecil dan menggantungkan dibajunya , kabarnya akan mencegah makhluk halus dan jin mengganggu ibu yang sedang hamil.


7. Rumah tusuk sate, hingga kini banyak masyarakat yang masih mempercayai posisi rumah tusuk sate itu menimbulkan aura yang negatif dan membuat penghuni rumah tidak nyaman tinggal dirumah tersebut.


8. Ayam jantan berkokok ditengah malam, jika kamu mendengar ayam jago berkokok ditengah malam di Jawa masih dipercaya bahwa dilingkungan kamu terdapat wanita hamil diluar nikah.


9.. Makan didepan rumah, mitosnya akan mengurangi rejeki dan mnjadi sial.


10. Menyapu di malam hari, konon akan jadi seret rejekinya.


11. Gigi copot, jika gigi kamu copot yang bagian atas harus dilempar ke atas genting, dan bila yang copot gigi atas orang tua jaman dulu meminta untuk menguburkan dalam tanah. Konon agar gigi kamu tidak gingsul dan rapuh.


12. Dilarang duduk di pintu, kabarnya bila ini dilakukan akan menjauhkan jodoh terutama bagi yang belum menikah.


13. Kupu kupu masuk ke rumah, konon katanya akan membawa rejeki bagi si pemilik rumah atau akan ada tamu dari jauh.***



Posting Komentar

Posting Komentar

close
close