74HssqAmpAieSQYdpeY0UHJ3eJx0ro2Bjc2BCzNj
Bookmark

Sedekh Bumi Desa Randegan, Ini yang Disampaikan Kades Sarman

Foto : Tangkapan layar

CTVINDONESIA
- Sedekah Bumi, merupakan warisan budaya dan adat peninggalan leluhur terdahulu yang wajib dilestarikan bagi seluruh komponen masyarakat. Demikian dikatakan Kepala Desa Randegan Drs. H. Sarman saat menghadiri warganya melaksanakan sedekah Bumi yang digelar sepanjang jalan sebelah Balai desa, Kamis pagi (9/6/2022).


MenurutnyaTradisi Sedekah Bumi merupakan salah satu bentuk ritual tradisional masyarakat yang sudah berlangsung secara turun temurun didesanya.


"Sedekah bumi, merupakan wujud rasa syukur manusia kepada Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan rejeki melalui bumi berupa segala bentuk hasil bumi,"katanya.



Sarman mengaku merasa bersyukur  bersama-sama warga memanjatkan doa kepada Allah SWT pada acara Sedekah Bumi ini. 


"Semoga, doa kita dikabulkan Allah dengan diberikan hasil pertanian yang melimpah,” ucapnya.


Sarman  juga meminta masyarakat untuk tetap mempertahankan kelestarian alam dan lingkungan, karena menurutnya, alam merupakan sumber kehidupan bagi manusia yang merupakan agenda rutin tahunan Pemdes dan masyarakat, yang dilaksanakan menjelang musim tanam padi.



“Tradisi sedekah bumi ini salah satu peninggalan leluhur dalam rangka mensyukuri nikmat yang diberikan oleh Tuhan berupa hasil pertanian. Sekaligus sebagai upaya kami, dalam menjalin silaturahmi diantara masyarakat Desa Randegan,” terangnya.


Sarman juga menjelaskan bahwa tradisi Sedekah Bumi sebagai bentuk edukasi kepada generasi muda tentang budaya lokal yang ada. Yang memang syarat dengan unsur-unsur ke gotong-royongan, persatuan, dan rasa syukur.


"Dari sedekah bumi kita juga belajar tentang kegotongroyongan, dan ada nilai persatuannya disitu,"pungkasnya.***


Posting Komentar

Posting Komentar

close
close