74HssqAmpAieSQYdpeY0UHJ3eJx0ro2Bjc2BCzNj
Bookmark

Selamat Hari Pendidikan Nasional 2 Mei 2024

Warga Sidomukti Weleri Ramaikan Bazar Takjil UMKM

 

Acara Bazar Takjil UMKM Desa Sidomukti Kecamatan Weleri tanggal 3 - 9 April 2022.(FOTO : Hanief)

CTVINDONESIA, KENDAL
- Pemerintah Desa Sidomukti dan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Lancar Manunggal Desa Sidomukti Kecamatan Weleri Kabupaten Kendal, menggelar acara Bazar Takjil Desa Sidomukti selama tujuh hari sejak tanggal 3 - 9 April 2022. 


Aneka jajanan produk UMKM Desa Sidomukti dijajakan, seperti aneka pepes ikan, aneka siomay, martabak dan aneka jajanan lainnya, juga aneka minuman seperti dawet dan es buah. 


Bukan hanya itu, pemgunjung bazar juga dihibur dengan aneka hiburan seperti pentas seni dan musik. 


Menurut Ketua Panitia, Yusuf Effendi yang juga selaku Direktur BUMDes Lancar Manunggal, kegiatan ini dalam rangka mengangkat potensi UMKM Desa Sidomukti, yang selama ini pendapatannya menurun akibat dampak pandemi. 


"Ya dengan kegiatan seperti ini, selain untuk memeriahkan ramadan 1443 hijriyah, juga diharapkan para pelaku UMKM Desa Sidomukti, yang selama ini terdampak pandemi bisa bangkit dan semangat lagi," terangnya. 


Dijelaskan, dalam kegiatan Bazar ini diikuti oleh 40 pelaku UMKM sekitar, yang dimulai pukul 15.00 WIB hingga pukul 21.00 WIB malam. 


"Ya kalau pas buka sampai waktu tarawih kira jeda dulu, kemudian dilanjut lagi. Tadinya ramai sih ada 40 UMKM lokal, namun karena sudah memasuki hari ketujuh jadi penjualnya berkurang," jelas Yusuf. 


Sementara itu Sekretaris Desa Sidomukti, Benny Adhe Putranto mengatakan, pihaknya mendukung kegiatan bazar UMKM ini dalam rangka menumbuhkan semangat pelaku UMKM di desanya. 


"Ya kegiatan bazar ini dadakan saja,  karena kebetulan ada dukungan dari tokoh masyarakat dan juga BUMDes Lancar Manunggal jadi kita laksanakan. Harapannya ini bisa menjadi embrio untuk kegiatan-kegiatan seperti ini di tahun yang akan datang," ungkapnya. 


Senada disampaikan tokoh masyarakat Desa Sidomukti yang juga penyelenggara kegiatan Sugianto, kegiatan ini bisa memotivasi para pedagang UMKM lokal Desa Sidomukti. 


"Ya memang kegiatan diadakan dadakan, pas mau puasa kita rembug dan kita laksanakan. Namun harapannya dengan kegiatan semacam ini ke depqnnya bisa lebih meriah dan diikuti lebih banyak lagi," ujarnya. 


Sugianto yang juga sebagai mantan Kepala Desa Sidomukti tersebut mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Desa Sidomukti yang telah meramaikan acara bazar UMKM ini. 


"Kami selaku penyelenggara mengucapkan terima kasih kepada warga Sidomukti dan sekitarnya yang sudah mendukung kegiatan ini. Semoga di tahun berikutinya kita bisa menggelar acara seperti ini dengan lebih meriah," ungkapnya. 


Sementara itu salah seorang pedagang, Anita Anggraeni mengaku senang dengan adanya kegiatan bazar yang diselenggarakan Pemdes dan BUMDes Sidomukti dengan bantuan tokoh masyarakat ini. 


Mantan Sinok Kendal tersebut berharap, panitia penyelenggara bisa menginventarisasi apa saja yang akan dijual oleh UMKM. Sehingga tidak ada kesamaan antara pedagang satu dengan yang lainnya. 


"Ya kita tahu kalau kegiatan bazar ini dadakan. Kita berharap panitia bisa mendata para pedagang yang akan berjualan. Supaya dagangannya tidak sama. Tapi secara keseluruhan sudah bagus sih," ungkapnya. (HS)




Posting Komentar

Posting Komentar

close
close