74HssqAmpAieSQYdpeY0UHJ3eJx0ro2Bjc2BCzNj
Bookmark

Pasukan Pandu Muda Akira SMKN 1 Purwokerto Digembleng

Pasukan Pandu Muda Akira SMKN 1 Purwokerto Digembleng.(FOTO:Humas)

CTVINDONESIA, BANYUMAS
- Gerakan Pramuka Ambalan KH. Dewantara – RA. Kartini SMK Negeri 1 Purwokerto mengadakan kegiatan Pendidikan dan Latihan Dasar Pasukan Pandu Muda Akira (Diklatsar Paspamura) serta kegiatan Pelantikan Calon Penegak Tahun 2022. Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari, Jumat-Sabtu (25-26/02/2022) di sekitar sekolah.


Pradana Putri Ambalan RA. Kartini SMK Negeri 1 Purwokerto Rizkiany Nur Rahma Arifin mengatakan, bahwa kegiatan mengangkat tema “Change the world with the soul of knight” yang artinya Rubah dunia dengan jiwa ksatria".


"Kami berharap nantinya setelah kegiatan selesai siswa siswi bisa merubah mindset mereka menjadi lebih baik lagi", katanya



Para peserta Diklatsar dibekali dengan materi PBB, tali temali oleh Kak Handini, Keorientasian Penegak oleh Kak Suwondo dan penguatan tentang kepramukaan serta tugas pokok dan fungsi Pasukan Pandu Muda Akira.


"Setelah pematerian PBB selesai dilanjut kegiatan game dan sangga Inti dibagi menjadi delapan sangga," tambah Rizkiany


Sementara Pradana Putra Ambalan KH. Dewantara SMK N 1 Purwokerto Nicko Rahma Mahardhika menambahkan tujuan diadakannya kegiatan Diklatsar bagi Sangga Inti yaitu membentuk mental dan fisik mereka menjadi seorang Pramuka yang tanggap dan sigap dalam situasi apapun.



"Setelah mengetahui tugas pokok dan fungsi, mereka akan melaksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab, dengan keikhlasan dan tidak mengeluh," katanya.


Para peserta juga diwajibkan mengikuti pencarian Bad Ambalan KH. Dewantara – RA. Kartini. Setiap Sangga Inti wajib menemukan Bad Ambalan tersebut.


"Untuk kegiatan malam, Sangga Inti menampilkan kemampuan bakat dalam pentas seni, perwakilan dari masing-masing sangga mereka. 

Sebelum upacara puncak sangga Inti melakukan operasi semut. Dan selanjutnya adalah puncak kegiatan yaitu Upacara Pelantikan Calon Penegak. Pada acara ini  diumumkan Duta Ambalan KH. Dewantara – RA. Kartini SMK Negeri 1 Purwokerto," pungkas Nicko.


Sumber : Anisa Dwi Pratiwi

Posting Komentar

Posting Komentar

close
close