74HssqAmpAieSQYdpeY0UHJ3eJx0ro2Bjc2BCzNj
Bookmark

Kwarran Baturaden Gelar Pesta Siaga, Ini Daftar Juaranya

SDN 1 Rempoah dan Kutasari Juara Pesta Siaga Kwarran Baturraden.(FOTO : Dok. Kwarcab)

CT
VINDONESIA, BANYUMAS - Barung Merah Putra SDN 1 Rempoah dan Barung Kuning Putri SDN 1 Kutasari Berhasil menjadi juara 1 pada Pesta Siaga Ranting yang digelar oleh Gerakan Pramuka Kwartir Ranting Baturraden Kwarcab Banyumas, Sabtu 26 Februari 2022. 


Kegiatan digelar di dua tempat berbeda yaitu di SDN 2 Pamijen untuk barung putra dan SDN 4 Rempoah untuk barung putri. Sementara juara 2 putra diraih oleh Barung Merah SDN 1 Kemutug Lor dan juara putri Barung Biru SDN Karangsalam. 


Untuk juara 1 akan mewakili Kwarran Baturraden pada Pesta Siaga Cabang tahun 2022 dan juara 2 akan mengikuti Pesta Siaga Cabang Tahun 2023.



Ketua Kwarran Baturraden Sugiyanti mengatakan pesta siaga tahun 2022, diikuti 46 barung yang terdiri 24 barung putra dan 22 barung putri. 


Para peserta wajib mengikuti 6 taman / pos perlombaan, yaitu taman ketaqwaan, siaga pintar, scouting skill atau tali temali, bumbung kemanusiaan, funball dan tanda kepramukaan.


“Kegiatan ini dilaksanakan dalam satu hari, dilaksanakan di dua tempat untuk barung putra di SDN 2 Pamijen sedangkan untuk barung putri di SDN 4 Rempoah,” katanya.



Ketua Kwarran ini menambahkan mengingat masih pandemi selain tempat lomba dibagi juga waktu lomba dibagi 3 gelombang.


"Mengingat masih pandemi, agar tidak terjadi penumpukan peserta, lomba dibagi 3 gelombang. Hal tersebut untuk dijadikan pembelajaran bagi Yanda dan Bunda serta para Siaga tentang adat kebiasaan baru," tambah Sugiyanti.


Selain ia menjelaskan sikap kejujuran dalam pesta siaga ini menjadi prioritas untuk menanamkan nilai budi pekerti kepada anak.


“Kami tekankan kejujuran dan transparan dalam penilaian. Dan membuat anak riang serta gembira,” jelasnya.


Dikatakannya, Pramuka Siaga merupakan jenjang kepramukaan untuk siswa SD/sederajat usia 7-10 tahun. Dalam pesta siaga, peserta diajak melakukan permainan bersama.


Usai lomba panitia langsung merekap hasilnya dengan hasil lengkap kejuaraan, untuk barung putra juara 1 SDN 1 Rempoah, juara 2 SDN 1 Kemutug Lor. Juara harapan 1 SDN 1 Kemutug Kidul, harapan 2  SDN Karangsalam dan harapan 3 SDN 2 Pamijen.


"Sementara untuk Barung Putri juara 1 SDN 1 Kutasari, juara 2 SDN Karangsalam, juara 3 SDN 2 Kemutug Kidul. Juara harapan 1 SDN 1 Kemutug Lor, harapan 2 SDN 2 Pamijen dan harapan 3 SDI Al Azhar," pungkas Sugiyanti.***



Sedang Baca :
Posting Komentar

Posting Komentar

close
close