74HssqAmpAieSQYdpeY0UHJ3eJx0ro2Bjc2BCzNj
Bookmark

Kontingen Perkemahan Wirakarya Nasional UIN SAIZU Purwokerto Gelar Bakti Pangkalan

Kontingen Perkemahan Wirakarya Nasional UIN SAIZU Purwokerto Gelar Bakti Pangkalan/Foto : Parsito/



BANYUMAS - Kontingen Pramuka UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto sedang mengikuti Perkemahan Wirakarya Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan (PWN-PTK) XV Tahun 2021 Rabu-Sabtu (10-13/11/2021). PWN-PTK tahun ini diselenggarakan secara luring dan daring, dengan peserta luring berkegiatan di Bumi Perkemahannya Jakabaring - Palembang dan untuk yang daring berkegiatan dipangkalan masing-masing. 


Racana Sunan Kalijaga-Cut Nyak Dien melaksanakan Bakti Pangkalan yang bertempat di SMP Negeri 1 Kembaran. Pada kegiatan bakti pangkalan mengusung tema “Penggalang Terampil Tangkas Berkarya“.


Ketua Pelaksana Anjar Wahyu Adi mengatakan kegiatan bakti pangkalan sebagai bentuk implementasi Tri Bina Penegak Pandega juga merupakan bentuk implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian serta sebagai wujud kepedulian pramuka terhadap sesama manusia dan bentuk kerjasama membangun Sumber Daya Manusia, melalui pembangunan secara rohani, intelektual, dan pola pikir peserta didik mulai dari bidang pendidikan, keagamaan, sosial budaya hingga wisata yang menjadi sebuah tolak ukur.


"Oleh karena itu kontingen Perkemahan Wirakarya Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan (PWN-PTK) XV Tahun 2021 Rancana Sunan Kalijaga-Cut Nyak Dien UIN SAIZU Purwokerto tengah melaksanakan kegiatan bakti pangkalan", katanya Jumat (12/11/2021). 


Beberapa kegiatan yang dilaksanakan secara daring ini diantaranya Giat Bakti yang dilaksanakan meliputi, bersih sekolah dan rumah ibadah, tanam pohon, bagi buku dan alquran. Giat Wawasan dan Pelatihan yang kegiatannya meliputi, materi pramuka penggalang, peraturan baris berbaris dan tata upacara latihan penggalang, pelatihan desain grafis, pelatihan ms word dan power point. Giat Wisata yang kegiatannya meliputi, diskusi budaya, jumpa tokoh, dan ekplore desa wisata, dan Racana river tubing.


Erna Pujirahayu selaku Ka Mabigus SMP Negeri 1 Kembaran mengucapkan terima kasih kepada Racana Sunan Kalijaga-Cut Nyak Dien atas kegiatan dan semangat yang dibangun bersama ini.


"Semoga terus terjalin, dengan saling memberikan sumbangsihnya membangun ekosistem yang lebih baik dalam pendidikan kepramukaan," katanya 


Sementara Pembina Pramuka UIN SAIZU Purwokerto Musmuallim mengatakan Gugusdepan adalah sebagai laboraturium pembinaan, dimana disitulah seorang pramuka diberikan tempat untuk terus berlatih, berlatih dan berlatih. 


Sumber : Muchammad Aji

Posting Komentar

Posting Komentar

close
close