Pemdes Babakan, Karanglewas Gelar Musdesus Dengan Prokes Ketat -->

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

Pemdes Babakan, Karanglewas Gelar Musdesus Dengan Prokes Ketat

Rama Prasetyo
Sabtu, 23 Januari 2021


BANYUMAS - Dengan protokol kesehatan yang ketat, pemerintah Desa Babakan Kecamatan Karanglewas, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah menggelar Musyawarah Desa Khusus (Musdesus) di Balai Desa Babakan, Karanglewas, Sabtu (23/1/2021) malam.

Musdesus yang dihadiri oleh Kades, Ketua BPD, perwakilan Kecamatan Karanglewas, Perangkat Desa, Ketua RW, Ketua RT dan Tokoh Masyarakat se Desa Babakan itu membahas dua agenda yaitu validasi, finalisasi dan penetapan data KK calon penerima dana BLT dana desa 2021 serta Bumdes. 

Kepala Desa Babakan Sonhaji mengatakan, dua Musdesus yang dilaksanakan itu sangat penting untuk mempercepat penyaluran BLT dana desa tahun 2021 karena masih belum berakhirnya pandemi covid 19 dan penyegaran di tubuh Bumdes. 

"Finalisasi penetapan data KK calon penerima dana BLT dana desa tahun 2021 harus selesai  dan akan segera dicairkan,"ungkapnya.

 
Setelah di validasi dari kurang lebih 300 calon penerima dana BLT DD tahun 2021 yang diajukan  hanya disetujui memenuhi syarat berjumlah 107 orang pada triwulan pertama tahun ini. 

Kemudian terkait pembentukan pengurus baru Bumdes Unggul Bahtera, Kades berharap bisa membawa Bumdes tersebut lebih maju lagi sehingga dapat meningkatkan pendapatan asli desa. 

"Dengan pembentukan pengurus baru di Bumdes unggul bahtera, saya sebagai komisaris berharap nantinya ada peningkatan pendapatan desa dan Bumdes lebih maju lagi dengan unit-unit usaha baik yang sudah ada sekarang maupun yang belum terealisasi,"pungkasnya.

Hal senada juga dikatakan oleh Perwakilan daru Kecamatan Karanglewas Yanto. 

Menurutnya, finalisasi penetapan data calon penerima BLT DD tahun 2021 harus segera di selesaikan dan diajukan agar pendistribusiannya kepada yang berhak bisa cepat terealisasi. 

"Karena masih dalam situasi pandemi covid 19, pemerintah masih akan terus memberi bantuan langsung tunai kepada masyarakat sebagai upaya pengaman jaringan sosial,"ucapnya.

Untuk pembentukan pengurus baru BUMDes, Yanto mengharapkan, potensi-potensi desa yang belum tergali bisa diwujudkan dalam rangka meningkatkan pendapatan asli desa. 

"Dengan PAD Desa Babakan meningkat, tentu harapannya kesejahteraan masyarakatpun meningkat,"jelasnya.


Kegiatan Musdesus itu diakhiri dengan penandatanganan berita acara pengesahan data penerima BLT dana desa tahun 2021 dan penunjukkan Aan Firmansyah sebagai Direktur BUMDes Unggul Bahtera.(Ram)