Dukung Program Kampus Merdeka, FH Unsoed Gandeng 4 Institusi Penegak Hukum -->

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

Dukung Program Kampus Merdeka, FH Unsoed Gandeng 4 Institusi Penegak Hukum

Rama Prasetyo
Jumat, 29 Januari 2021


PURWOKERTO - Untuk mendukung program mandiri belajar kampus Merdeka yang dicanangkan oleh Mendikbud Nadiem Makarim, Fakultas Hukum Universitas Jenderal Soedirman (FH Unsoed) menggadakan kerjasama dengan beberapa institusi penegak hukum yaitu Pengadilan Negeri Purwokerto, Pengadilan Negeri Banyumas, Kantor ATR / Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Banjarnegara dan Pengadilan Negeri Kebumen.

Kerjasama itu dituangkan dalam penandatangan nota kesepahaman (MoU) yang dilaksanakan di aula yusticia 3 FH Unsoed, Purwokerto, Jum'at (29/1/2021) pagi.


Dalam penandatangan MoU tersebut FH Unsoed langsung diwakili oleh Dekannya Prof. Ade Maman Suherman, SH.,M.Sc, Ketua Pengadilan Negeri Purwokerto M.Arif Nuryanta, SH.,MH, Ketua Pengadilan Negeri Banyumas Abdullah Mahrus, SH.,MH, Ketua Pengadilan Negeri Kebumen Edi Subagiyo, SH.,MH, dan Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Banjarnegara A Yani, SH.


Sedangkan MoU dengan Pengadilan Negeri Kebumen dilakukan melalui virtual.

Dekan FH Unsoed Prof. Ade Maman Suherman, SH, M.Sc pada kesempatan itu mengatakan perjanjian kerja sama tersebut merupakan wujud peningkatan pengetahuan hukum dan ketrampilan mahasiswa, sekaligus mendukung program mandiri belajar Kampus Merdeka.

"Ruang lingkup kerjasama meliputi pemagangan/praktik kerja, pengajaran/asistensi pengajaran, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan peningkatan & pemberdayaan SDM," katanya.

Dengan program kampus merdeka ini, Prof. Ade. Maman Suherman menyebutkan para mahasiswanya bisa melakukan penelitian dan magang di keempat institusi tersebut. 

"Apalagi ada apresiasi dari Pak Menteri bagi para mahasiswa yang magang mendapat penilaian dalam SKS sehingga kita sambut baik," ucapnya. 

Itu semua kata Dekan, dalam rangka mencetak generasi muda menjadi akademisi hukum dan praktisi yang mumpuni. 


Menanggapi MoU itu, Ketua Pengadilan Negeri Purwokerto M.Arif Nuryanta, SH.,MH menyambut baik kerjasama tersebut. 

"Jadi mahasiswa Unsoed yang ingin mengadakan penelitian, kami siap membantu apalagi sekarang ada kampus belajar Merdeka,"pungkasnya.

Menurut M. Arif Nuryanta, dunia kampus kebanyakan  teori, namun institusi Pengadilan adalah dunia nyata. Kalau keduanya berjalan sinergis, tentu wawasan mahasiswa akan lebih luas lagi dan berkembang. 

"Tentu ini hasilnya sejalan dengan apa yang disampaikan pak Dekan, yaitu mencetak generasi muda yang mumpuni di bidang hukum," ujarnya. 

Hal senada juga dikatakan oleh Pengadilan Negeri Banyumas Abdullah Mahrus, SH.,MH.

"Unsoed dengan Pengadilan sudah lama menjalin hubungan karena banyak mahasiswa Unsoed yang melakukan kegiatan penelitian dan magang," ungkapnya. 

Dengan MoU itu, menunjukkan kerjasama yang dilakukan sudah ada payung hukumnya sehingga program riset, penelitian dan magang akan lebih terencana, dan terstruktur.(Ram)