BMT Respon Cepat Banjir Majenang -->

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

BMT Respon Cepat Banjir Majenang

Rosi

CILACAP - Dampak hujan deras yang yang terjadi sejak hari Minggu (13/12/2020) sejak pukul 13.00 WIB sampai dengan pukul 22.00 WIB di wilayah Kecamatan Majenang, Kabupaten Cilacap mengakibatkan meluapnya Sungai Cilopadang.

Akibatnya, luapan air membanjiri 3 desa di wilayah Kecamatan Majenang, Kabupaten Cilacap, Senin (14/12/2020). Ketiga desa tersebut yaitu Desa Mulyadadi, Desa Mulyasari dan Desa Pahonjean.


Di Desa Mulyadadi dampak banjir terbesar terjadi di Dusun Purwodadi dengan ketinggian air mencapai kurang lebih 70 cm. Sedangkan di Desa Mulyasari wilayah terdampak yaitu di Dusun Rejosari dan Dusun Kawungsari. Demikian halnya di Desa Pahonjean, dampak banjir terjadi di Dusun Bojongmeros.

Terkait terjadinya bencana alam dan untuk antisipasi warga akan banjir yg lebih besar, tim Baitul maal PBMT INDONESIA melalui BMT SURYA UTAMA respon cepat dengan menurunkan tim dan perahu untuk evakuasi warga ke tempat yg lebih aman.

Seperti yg diungkapkan Musliman, selaku kordinator relawan PBMT I dilokasi, debit air yg terus naik kita himbau warga yg rumahnya terendam untuk evakuasi.

"warga yang rumahnya terendam kita jemput menggunakan perahu karet untuk kita pindahkan ke tempat yg lebih aman, antara lain di rumah warga yg lebih tinggi dan beberapa titik pos pengungsian warga antara lain balaidesa mulayasari."


Sementara itu, kordinator  MAAL MPD CILACAP Agus Suwanto yang juga manager MAAL BMT BEST, menyampaikan dalam menghadapi fenomena bencana banjir dan tanah longsor di Cilacap akhir-akhir ini, MAAL MPD Cilacap telah menyiapkan tim respon cepat dibeberapa titik di kabupaten Cilacap, relawan-relawan ini berasal dari BMT yang berada di tiap kecamatan  yg siap merespon membantu masyarakat.

"Belum selesai berbenah akibat banjir di wilayah Cilacap timur Oktober dan November lalu, warga Cilacap diuji dengan banjir yg bahkan lebih luas wilayah terdampaknya. Semoga warga terdampak diberi kesabaran, kekuatan dan bisa segera kembali kerumah masing-masing. BMT siap membersamai warga masyarakat untuk bersama2 pulih dari bencana banjir, " tutup Agus.

Sampai dengan sore ini, debet air masih terus naik dan cuaca mendung masih menyelimuti langit di Cilacap barat.

sumber : Agus/Pewarta
Maal MPD Cilacap.