CTV Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Padi Sawah Protein Tinggi Unsoed Lolos Sidang Pelepasan Varietas

Padi Sawah Protein Tinggi Unsoed Lolos Sidang Pelepasan Varietas



PURWOKERTO - Sidang Evaluasi dan Penilaian Calon Varietas Tanaman Pangan yang dilaksanakan oleh Direktorat Jenderal Tanaman Pangan Kementerian Pertanian pada hari Rabu (21/10/ 2020) merupakan hari bersejarah bagi Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed). 

Salah satu galur padi unggul Unsoed kembali lolos sidang pelepasan varietas, dan direkomendasikan oleh Tim Penilai Varietas Tanaman Pangan untuk dilepas sebagai varietas unggul baru nasional berdasarkan surat keputusan Menteri Pertanian Republik Indonesia.


"Galur padi unggul ini bernama Unsoed PK 7, dirakit oleh trio pemulia padi protein tinggi Prof. Ir. Totok Agung Dwi Haryanto, M.P. , Ph.D., Agus Riyanto, S.P. ,M.Si dan Dyah Susanti, S.P., M.P. Galur Unsoed PK 7 merupakan galur padi sawah protein tinggi yang memiliki keunggulan daya hasil tinggi (9,71 GKG ton/Ha), melebihi Ciherang, serta memiliki stabilitas hasil tinggi. Daya hasil dan stabilitas hasil tinggi ini merupakan keunggulan utama yang dipenuhi Unsoed PK 7 yang memberikan bobot penilaian pada sidang ini,"jelas Kasubag Humas Unsoed Hermawan dalam Siaran Persnya, Sabtu (24/10/2020). 

Dibandingkan dengan 5 varietas lain yang diuji, Unsoed PK 7 Keunggulan pada ketahanan terhadap hama dan penyakit tanaman juga merupakan keunggulan utama yang mengantarkannya untuk lolos penilaian dan evaluasi varietas tanaman pangan. 


"Berdasarkan pengujian bersama dengan galur-galur harapan Konsorsium Padi Nasional, padi Unsoed PK 7 ini memiliki ketahanan terhadap penyakit Hawar Daun Bakteri (HDB) patotipe IV dan VIII dengan kriteria agak tahan, juga terhadap Blas ras 033 dan 073,"ujarnya.

Padi itu juga memiliki ketahanan terhadap hama tahan terhadap wereng batang coklat biotipe 1 dengan kriteria agak tahan. 

Keunggulan lainnya, padi tersebut memiliki postur pendek, sehingga lebih tahan rebah. Kandungan proteinnya tinggi, mencapai 10,72%, melebihi padi pada umumnya yang berkisar 7 - 8% menjadi kekhasan padi yang diharapkan tak hanya meningkatkan produksi padi tetapi juga pemenuhan gizi bagi masyarakat. 


"Keunggulan-keunggulan yang dimiliki Unsoed PK 7 itu diharapkan mampu memberikan manfaat bagi pembangunan pertanian, meningkatkan kesejahteraan masyarakat, sekaligus memperkuat komitmen Unsoed dalam berkontribusi untuk negeri,"imbuhnya.(Ram) 

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Posting Komentar