CTV Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Griya Karen Indah 2 Sokaraja Segera Punya TPQ

Griya Karen Indah 2 Sokaraja Segera Punya TPQ


FOTO: RAMA


Banyumas - Untuk membentengi generasi milenial dengan ilmu agama yang kuat dalam menghadapi derasnya budaya asing yang masuk melalui kemajuan teknologi informasi komunikasi sekarang ini, masyarakat perumahan griya karen indah 2 desa klahang, Sokaraja mulai membangun rumah taman pendidikan Al Qur’an (TPQ) An Nur.


Peletakkan batu pertama pembangunan TPQ itu telah dilakukan pada Minggu (22/12) oleh sejumlah tokoh masyarakat yaitu anggota DPRD Kabupaten Banyumas dari partai demokrat Iwan Supriyanto, Kepala Desa Klahang Sulistiyono, pemuka agama, pengurus RT 1 sampai RT 7, dan para sesepuh di wilayah RW 9 perumahan tersebut.

Ketua Panitia Pembagunan TPQ An Nur, Supargiyanto mengatakan, pembangunan TPQ yang memiliki luas 147,6 meter persegi itu akan menelan biaya sebesar Rp. 207 juta dimana sumber dananya berasal dari internal dan eksternal RW 09 perumahan tersebut.

Untuk konsep bangunan, kata Supargiyanto, yaitu dengan konsep terbuka dan didalamnya ada kantor, toilet serta dapur.

Terkait kapan pembangunannya akan selesai, Supargiyanto menyebutkan, pihaknya menargetkan sebelum bulan puasa tahun 2020 mendatang.

”karena semuanya memang tergantung dengan dana, akan tetapi kami punya target sebelum puasa sudah selesai, Insya Allah di bulan mei sudah selesai,” pungkas Supargiyanto kepada CTV.co.id.



Sementara itu, Ketua RW 09 Griya Karen Indah 2, Sutopo mengungkapkan rencana pembangunan TPQ sudah dirancang oleh panitia dan takmir Mesjid An Nur selama satu tahun lebih dan baru terwujud sekarang.

”Dasar daripada ini kenapa harus ada TPQ memang banyak pro kontra masyarakat ya seperti itu sama. Tapi semua kita sikapi dengan arif, wong masjid  be akeh anggo dadak TPQ  anggo ngapa weh weh keakehan polah RWne. Ini ga masalah bagi kita, karena dulu takmir menarik uang kotakan TPI itu ketuanya untuk pembangunan TPQ. Jadi ini adalah janji. Janji kalau tidak diwujudkan nanti akan bermasalah karena memakai uang warga,” kata Sutopo.


Sedangkan Kepala Desa Klahang, Sokaraja, Sulistiyono sangat mendukung pembangunan TPQ di RW 09 Griya Karen Indah 2, namun belum dapat menjanjikan bantuan dari dana desa karena serah terima perumahan tersebut ke pemerintah desa belum dilakukan.

“Karena dana desa itu tidak peruntukkannya untuk intinya perumahan yang belum diserahkan ke desa. Jadi ini mumpung ada anggota dewan, jadi yang dikucurkan untuk pembangunan-pembangunan contohnya di RW 9 atau RW 10 yaitu dari pendapatan asli desa, ya cara kasarannya dari dana desa dinaikkan aturan sending-sending dari dana desa yang numpang,” jelas Sulistiyono.


Senada dengan Kades Klahang, anggota DPRD Kabupaten Banyumas dari partai Demokrat Iwan Supriyanto juga akan berupaya untuk membantu pembiayaan  terwujudnya pembangunan TPQ An Nur Griya Karen Indah 2. (Rama)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.