74HssqAmpAieSQYdpeY0UHJ3eJx0ro2Bjc2BCzNj
Bookmark
"/>

Seduluran Rawalo Gelar Expo


RAWALO - Permasalahan dan perkembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) secara umum ada disemua daerah, termasuk di wilayah kecamatan Rawalo.

Permasalah itu antara lain modal usaha minim, 
kurangnya inovasi produk, belum memanfaatkan pasar on line, tidak
dapat memanage usaha, tidak optimal dalam branding, dan kesulitan dalam mencari pasar.

Untuk itu para pemuda kecamatan Rawalo yang dipelopori oleh David Okta Nugraha mengajak para peserta UMKM  di 9 (sembilan) desa se kecamatan Rawalo, yakni desa Rawalo, Tambak Negara, Tipar, Sidamulih, Sanggreman, Pesawahan, Menganti, Losari dan Banjarparakan
membentuk wadah sentra UMKM dengan nama SEKAR (Seduluran Kecamatan Rawalo).

"Pembentukan Sekar dimaksud untuk  menampung aspirasi dan permasalan yang timbul dalam pengembangan UMKM diwilayah Kecamatan Rawalo dan agar dapat membantu munculnya usaha usaha baru dari masyarakat, dikarenakan masyarakat masih bingung,  mengalami kesulitan dalam mengurus perijinan." kata Okta, Selasa (29/10/2019)

Untuk pemasaran hasil produk, Sekar menggandeng Sampoerna, Retail Comuniti dan Indomart, untuk menerima hasil UMKM unggulan  dari 9 desa di kec Rawalo.

Khusus untuk Indomart akan membantu penjualan UMKM tersebut diluar kabupaten Banyumas dikarenakan untuk legalitas pembukaan toko modern di Kabupaten Banyumas terkendala aturan.

"Selain program UMKM dapat di gunakan untuk pengentasan kemiskinan juga untuk desa Rawalo dan Tambaknegara dan Banjarparakan dapat digunakan untuk alih usaha  penambang pasir ilegal ke dunia usaha, terlebih sungai serayu tidak memperoleh suplay sedimen dari gunung berapi dan material yang didapat berupa guguran tebing kanan kiri sungai" katanya.

Dijelaskan, acara Pesta Rakyat diselenggarakan sejak 23 Oktober sampai dengan 2 November 2019
Di Lapangan desa Rawalo.

Khusus untuk kegiatan UMKM mulai Selasa tgl 29 Oktober  sampai 02 November  2019.

Rencananya pameran akan dibuka dan di hadiri oleh Bp Bupati Banyumas Ir Akhmad Husein, 
Dan instansi dinas yang berkopenten dalam pembinaan UMKM, Dinas Perindustrian dan perdagangan, Dinas Koperasi UKM, DMPT PTSP, Dinas Kesehatan, Bappeda, Dinporabudparl,
Balai Pusda Taru kabupaten Banyumas, Camat Rawalo, Kepala desa se kecamatan rawalo

Diharapkan kedepan dengan adanya pembinaan terpadu lintas dinas pemilik kepentingan dalam UMKM maka perkembangan dan laju perekonomian akan lebih baik dan akan lahir pengusaha-pengusaha baru dengan memudahkan sistem perijinan. (*)

sumber : rri.co.id

Posting Komentar

Posting Komentar

close
close