74HssqAmpAieSQYdpeY0UHJ3eJx0ro2Bjc2BCzNj
Bookmark
"/>

Pilketos, Wujud Demokrasi Anak Milenial di SMKN Kebasen

Pilketos, Wujud Demokrasi Anak Milenial di SMKN Kebasen 


Banyumas - Ratusan siswa SMK N Kebasen, Banyumas, belajar tata cara pemilihan langsung dalam pemilihan ketua OSIS (Pilketos) periode 2019/2020 Kamis 12 September 2019. Kegiatan dimulai sehari sebelumnya, dengan sidang pleno yg dilaksanakan oleh MPK (Musyawarah Perwakilan Kelas) yang berjumlah 60 orang. MPK berasal dari perwakilan kelas masing-masing 2 orang dari 30 kelas dalam sidangnya menghasilkan 3 kandidat ketua OSIS. 

Dalam sidang tersebut menghasilkan tiga kandidat yang berhak mengikuti pemilihan ketua OSIS.  Mereka adalah nomor 1 Sri Intan Nur Khori'ah kelas XI Akuntansi 2, nomor 2 Wahyu Feri Ramadan kelas XI Bodi Otomotif 1, dan nomor 3 Rendy Febrio Putra Nurman kelas XI Bodi Otomotif 1.

Kepala SMK N Kebasen Prihatin Widiyanto, dalam pembukaan Pilketos menyatakan apresiasi nya terhadap pengurus MPK, pengurus OSIS, dan segenap pihak yang mewujudkan pendidikan berdemokrasi di sekolah. 

"Pemilu di era serba digital saat ini mungkin lebih efektif jika memakai aplikasi saja, namun yang kita cari bukan hanya itu, kita lebih ingin terlibat dalam interaksi yang terjalin selama proses pembelajaran demokrasi melalui pemilu ketua OSIS ini,"  katanya.

Proses pemilihan pun bak pemilu pemilu lain seperti Pileg, Pilkades maupun Pilpres. Para kandidat berkampanye terbuka di panggung demokrasi menyampaikan visi misinya jika terpilih menjadi ketua OSIS baru. Pemiliih yang terdiri dari guru, karyawan dan para siswa diberi hak bertanya kepada para kandidat yang menambah semarak kampanye tersebut. Ada yg menyoroti masalah kebersihan sekolah, sarana prasarana sekolah, tanggung jawab sbg siswa, dan ekstrakurikuler.

Setelah ketiga kandidat menjawab pertanyaan2 yang ditujukan, baru digelar pemungutan suara. Disediakan 3 TPS untuk masing2 kelas X, XI, dan XII. Satu-persatu dari sedikitnya 870 siswa yang mempunyai hak pilih menentukan pilihannya. 

Layaknya pemilu di tempat pemungutan suara (TPS), satu persatu dipanggil kemudian diberikan kertas suara, lalu mencoblosnya di bilik suara terbuat dari kardus.

Hasil pemilihan langsung tersebut, terpilih sebagai ketua OSIS adalah nomor 2 Wahyu Feri Ramadan. Dia berhasil meraih  454 suara, disusul nomor 3 Rendy mendulang 288 suara, dan terakhir 92 suara didulang calon nomor 1 Intan. Sementara suara tidak sahnya 36 suara. 

“Dalam pemilihan ketua OSIS periode ini dibuat berbeda dari tahun2 sebelumnya. Peran MPK yang biasanya pasif mulai diaktifkan. Hal ini bertujuan sebagai ajang pembelajaran siswa. Sistem perekrutan anggotanya nanti juga akan memaksimalkan bakat minat siswa” kata Wakhid, pembina OSIS.

Pesta demokrasi sekolah hari itu pun berjalan lancar sampai penghitungan suara. Setelahnya rangkaian acara reorganisasi ini masih berlanjut hingga pelaksanaan Latihan Dasar Kepemimpinan bagi anggota OSIS terpilih pada hari Jumat-Sabtu 13-14 September. 

Penulis : Nurul Mar'atus Sholihah, S. Pd.
Posting Komentar

Posting Komentar

close
close