CTV Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Majingklak Punya Potensi Jadi Sentra Buah Naga

Majingklak Punya Potensi Jadi Sentra Buah Naga

ci

Cilacap - Desa Majingklak Kecamatan Wanareja Kabupaten Cilacap Provinsi Jawa Tengah Merupakan sebuah desa  yang sangat Berpotensi untuk di kembangkan menjadi Desa Wisata  perkebunan buah naga, karena di desa ini tumbuh dengan subur tanaman tersebut dan hampir setiap pekarangan warganya di Tanami pohon buah naga.

Buah Naga adalah buah yang terkenal akan manfaatnya bagi kesehatan tubuh manusia.

Buah yang berasal dari salah satu jenis kaktus ini cukup unik. Sebelum menjadi buah, bunga buah naga mulai bersemi sejak sore hingga malam hanya untuk layu ketika terkena sinar matahari.

Karena keindahan bunganya, seringkali bunga buah naga mendapat julukan moonflower atau Queen of the night.

Buah Naga juga merupakan buah dengan rendah kalori namun menawarkan banyak sekali nutrisi termasuk vitamin B dan C, fosfor, protein, kalsium, fiber, captin, dan antioksidan.

Kepada awak media Koran modus Investigasi Kabiro Cilacap  Karwanto warga Rt 01 Rw 09 Dusun Karangsari Desa Majingklak yang juga merupakan wakil ketua kelompok  yang di beri nama ‘’Mitra Tani Naga’’ mengatakan bahwa dirinya merupakan orang yang pertama menanam buah naga di Desa Majingklak ‘’saya yang pertama nanam buah naga di desa ini pak pada tahun 2008 dan pertama nanam dua pohon itupun bibitnya saya boleh bawa dari Malaysia karena waktu itu saya kerja jadi TKI di sana dan pulangnya saya bawa pohon buah naga ini ‘’ terang karwanto’’.

Lebih lanjut Karwanto mengatakan bahwa cara menanam buah naga ini adalah dengan  membuat lubang dahulu dan tiang penyangga setelah itu baru di Tanami ,dan pohon yang mau di tanam adalah memotong dari cabang yang sudah pernah berbuah sehngga pertumbuhannya cepat ‘’katanya ‘’karwanto juga mengatakan bahwa pohon buah naga miliknya di pupuk dengan pupuk Organik dan pembasmi hamanya juga organik sehingga menghasilkan buah naga yang baik untuk kesehatan Manusia ‘’terangnya’’.

Di akhir pembicaraannya Karwanto berharap mendapatkan bantuan hibah dari Pemerintah untuk kelompok ‘’Mitra Tani Naga ‘’baik berupa dana maupun alat seperti mesin potong Rumput dan alat Sprayer ‘’tandasnya’’

Terpisah Kepala Desa Majingklak bernama Karsam mengatakan bahwa di Desa Majingkalak terdapat tanaman buah naga sebanyak 6300 buah dan menurutnya bahwa biaya perawatan pohon buah naga ini perpohon di perkirakan menghabiskan biaya sebesar Rp 70.000 sampai Rp 100.000 .

Kades juga mengatakan bahwa berharap Pemda Kabupaten Cilacap dan Pemprov Jateng dapat memberikan dana bantuan hibah untuk kelompok tani naga ini untuk mengembangkan budi daya buah naga serta menjadikan Desa Majingklak menjadi Desa wisata buah naga agar dapat menambah sumber perekonomian warga masyarakat Desa Majingklak.

Hal senada juga di sampaikan oleh Sekcam Wanareja  Dra. Ismiyatiningsih MSi. Saat berkunjung ke Majingklak yang juga sedang menunggu bersama masyarakat Desa Majingklak kunjungan Bupati Cilacap H.Tatto Suwarto Pamuji yang di jadwalkan akan hadir dan sedang dalam perjalanan menuju ke Majingklak ‘’katanya ‘. ***

sumber : Sangidun/modusinvestigasi

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a comment