CTV Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Angin Bikin Rusak Sejumlah rumah di wangon

Angin Bikin Rusak Sejumlah rumah di wangon

Banyumas- Sejumlah rumah dan atap pasar di wilayah Wangon dan jatilawang, Banyumas hancur akibat tertimpa pohon (1/3/16). Kejadian tersebut di akibatkan angin kencang yang melanda beberapa wilayah di Banyumas mulai pukul 09.00 hingga 16 WIB. Angin yang bertiup hampir mencapai 25 Knots ( kecepatan angin ) tersebut terjadi ketika banyak warga sedang memulai aktifitasnya. Awalnya di anggap sebagai angin biasa, namun lama kelamaan bertiup cukup kencang.

Di kota Wangon sejumlah titik mengalami kejadian hancurnya rumah akibat tumbangnya pohon pohon besar.Seperti di Desa Panggang, Klapagading Wetan, dan Klapagading Kulon. Kwjadian di dusun panggang akibat tumbangnya pohon mengakibatkan kabel listrik yang melintang mengalami gangguan, sedangkan di desa klapagading wetan sejumlah bangunan juga hancur atapnya, seperti Balai Desa Klapagading wetan, rumah, dan warung. Padahal aula pertemuan Desa Klapagading Wetan saat itu sedang di gunakan oleh Bapermas Kabupaten Banyumas untuk penyuluhan kesetaraan gender.

Kejadian Parah terjadi di rumah seorang warga RT 2/2 Dusun Lebak, Desa Klapagading Kulon, Wangon Banyumas. Rumah yang belum lama di renovasi milik Kasiran atapnya hancur berantakan tertimpa pohon alba yang sudah besar. Dapur, kamar mandi, Kamar tidur dan sebagian ruang tamu berantakan tertimpa reruntuhan puing genteng dan bangunan. Untungnya pada saat kejadian tidak ada penghuni yang sedang berada di rumah, sehingga tidak menimbulkan korban. Menurut Karsiwan saat terjadi angin kenceng ia sedang berada di tempat kerja, sedang anaknya sekolah, sementara istrinya berada di rumah tetangga. Kerugian di taksir mencapai 30 juta rupiah.

Saat kejadian berlangsung Pihak Polsek Wangon, Anggota Koramil,Kades Rudianto yang saat itu sedang menginguti rapat Bapermas dan Tim Siaga Bencana Kabupaten Banyumas telah berada di lokasi kejadian. Tim Siaga Bencana yang di pimpin Korlap Adi Chandra bersama anggotanya dan warga langsung mengeksekusi batang pohon yang melintang diatap  rumah Kasirin dengan cara memotongnya dengan gergaji mesin.

Sedang Kades Rudianto ketika di mintai pendapatnya mengungkapkan bahwa,” Ini murni bencana alam, sehingga antara pemilik pohon dan pemilik rumah akan di selesaikan dengan cara kekeluargaan.” Katanya. Warga wangon sangat berapresiasi terhadap muspika dan tim siaga bencana Banyumas, karena cepat turun ke lokasi kejadian.

Sementara di Pasar Thengok Desa Tinggarjaya Jatilawang akibat angin besar tersebut sebagian besar atap yang terbuat dari seng berterbangan kemana mana, sehingga mengalami kerusakan yang cukup parah. Dari kejadian ini bisa di pastikan perlu waktu guna perbaikan. Pedagang di pasar tersebut berharap pihak terkait segera memperbaikinya, karena bila hujan otomatis dagangannya basah.  (ck)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.